Diseminasi Hasil Survei, Predikat UIN Antasari ?

Banjarmasin (2/9) – LPM telah melakukan kegiatan survei sejak 18 Juni hingga 15 Juli 2022 yang terintegrasi pada aplikasi siakad UIN Antasari Banjarmasin. Selanjutnya, Dr. Syaugi Mubarak, MA telah memenentukan delegasi GPM, UPM, dan LPM sebagai penyusun laporan hasil survei pada 19 Juli 2022 silam pada rapat penyusunan laporan hasil survei kepuasan 9 kriteria UIN Antasari Banjarmasin. Selang satu minggu setelahnya, LPM kembali mengundang setiap delegasi dalam kegiatan pamantauan progress penyusunan laporan. Rangkaian proses hasil survei ini telah sampai lengkap disusun dan siap untuk disempaikan pada kegitan Diseminasi Hasil Survei kepuasan pengguna internal daneksternal (dosen, mahasiswa, tendik, alumni, pengguna lulusan dan mitra kerjasama) pada 2 September 2022 di Aula Zafry Zamzam Lt.3 Rektorat. Prof. Dr. H.. Mujiburrahman, MA turut berhadir dalam memberikan sambutan serta pembukaan kegiatan. 

Diseminasi hasil survei akan dilaksanakan dengan pemaparan hasil survei oleh setiap UPM pada fakultas/pascasarjana dan diakhiri dengan presentasi oleh LPM perihal hasil survei pada UIN Antasari Banjarmasin. Perhitungan survei kepuasan ini merujuk pada ketentuan Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Permen PAN RB No.24 Tahun 2017  dimana nilai IKM dihitung dengan menggunakan nilai rata-rata tertimbang masing-masing unsur pelayanan, dimana masing – masing unsur pelayanan memiliki penimbang yang sama. Kualitas/mutu dari kinerja pelayanan publik yang diselenggarakan oleh penyelenggara pelayanan publik dapat dilihat dari penilaian Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). 

Berbeda dengan survei kepuasan pada fakultas/pascsarjana yanga hanya menilai pada dosen, mahasiswa, dan alumni, LPM melakan rekapitulasi data terhadap 6 pengguna yakni dosen, tendik, mahasiswa, alumni, mitra kerjasama dan pengguna lulusan (stakeholder). Berikut adalah rekapitulasi survei kepuasan UIN Antasari Banjarmasin:

Rerata tiap nilai IKM pada setiap aspek memperoleh predikat Baik. Walau predikat ini patut disyukuri, pimpinan UIN Antasari Banjarmasin memahami bahwa survei kepuasan belum mencapai pada predikat terbaik yakni Sangat Baik. Kondisi ini menjadi bahan evaluasi pimpinan dan seluruh unsur yang terlibat untuk meningkatkan pelayanan UIN Antasari lebih baik kembali. Kegiatan diseminasi diakhiri dengan penyerahan dokumen laporan Survei Kepuasan dari pengelola UPM kepada pimpinan fakultas/pascasarjana. Sedangkan laporan survei kepuasan pada mitra kerjasama diserahkan kepada Kepala Bagian Kerjasama, laporan survei kepuasan pengguna lulusan diserahkan kepada UPKK, laporan survei kepuasan tendik diserahkan kepada Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan. (red/ndari)

 

Related posts

Kolektif, Remidial Tes Asesor BKD PTKIN

Admin Web

Rapat Evaluasi Kinerja ASN dan Non PNS Tahun 2021

Admin Web

Rapat Persiapan Penilaian BKD Semester Ganjil TA 2021-2022 dan Persiapan Survei Kepuasan Stakeholder 9 Kriteria

Admin Web