Asesmen Lapangan S1 Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Antasari Banjarmasin

Jumat (15/10/2021), UIN Antasari-Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan Asesmen Lapangan secara virtual pada Program Studi S1 Ekonomi Syariah (ES) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Antasari Banjarmasin. Sesuai dengan surat tugas nomor 3015/BAN-PT/SPT-AK/A/2021, asesmen lapangan secara daring dilaksanakan pada tanggal 15-16 Oktober 2021 dengan tim asesor BAN-PT yang bertugas adalah Dr. Imam Yahya, M.Ag dari Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang dan Dr. H. Syafiq M. Hanafi, M.ag dari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kegiatan berjalan lancar dan kondusif yang diawali dengan sambutan oleh Wakil Rektor UIN Antasari Banjarmasin Bid. Akademik dan Kelembagaan Dr. H. Hamdan, M.Pd serta dilanjutkan dengan pengenalan  panel asesor,  pembacaan dan penandatangan Pernyataan Asesmen Lapangan PEPA-PS. Sesi pimpinan berisi konfirmasi pimpinan terkait kebijakan pengembangan UPPS, sistem tata pamong, sistem pengelolaan, kinerja dan capaian UPPS yang dilaporkan, serta rencana pengembangan UPPS. Adapun pihak yang terlibat pada sesi ini  antara lain Dr. H. Fathurrahman Azhari, M.HI selaku dekan, Dr. Syaugi, S. Ag., MA. Selaku Wakil Dekan Bid. Akademik dan Kelembagaan , Dr. Mahmud Yusuf, M.SI  selaku Wakil Dekan Bid. Adm. Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Dr. Muhaimin, S. Ag, MA  selaku Wakil Dekan Bid. Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. H. Husnul Yaqin, M.Ed (Ketua LPM), Dr. Ridha Darmawati, M.Pd (Sekretaris LPM), Dr. Yahya MOF, M.Pd (Ketua LP2M) dan Dr. H. Wardani, M.Ag (Kepala Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah LP2M) dengan pembahasan mengenai pelaksanaan hasil dan efektivitas SPMI dari dokumen standar, manual, instrument, laporan hingga tindak lanjut hasil SPMI.  Selanjutnya konfirmasi tingkat program studi disampaikan oleh Rohana Faridah, SE. MM. selaku  Kaprodi ES dan . Rizali, M.H,  selaku Sekprodi ES berkenaan dengan data PEPA PS.

Hari kedua pelaksanaan AL berorientasi pada konfirmasi manajemen UPPS dari berbagai pihak seperti dosen, mahasiswa, serta tenaga kependidikant, juga sarana prasarana secara live. Kemudian penyampaian berita acara dari panel asesor kepada pimpinan UPPS dan Prodi dilaksankan dengan pengecekan berita acara yang menghasilkan kesepakatan untuk dikirim ke BAN-PT.

Pelaksanaan AL ditutup oleh Rektor UIN Antasari Banjarmasin Prof. Dr. H. Mujiburrahman, MA. Dalam sambutannya, beliau mengatakan akan mengusahakan untuk merealisasikan apa yang menjadi rekomendasi asesor, antara lain adalah pemenuhan dosen prodi yang sesuai dengan bidangnya baik melalui pengangkatan dosen PNS maupun penerimaan dosen bukan PNS.

Related posts

Prodi S1 Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin Raih Akreditasi A

administrator

Asesmen Lapangan Secara Daring Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

administrator

Rombongan STAI Kuala Kapuas Laksanakan Studi Banding di Kampus UIN Antasari Banjarmasin

administrator